Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Bagian-Bagian dan Fungsi Lidah Pada Manusia

Lidah manusia adalah organ berotot yang ditutupi oleh selaput lendir tipis. Lidah terletak sebagian di rongga mulut dan sebagian di orofaring. Hal ini sangat mobile dan bisa digeser menjadi beberapa posisi yang berbeda. Fungsi utama lidah sering dianggap sebagai organ rasa, namun perannya dalam berbagai aktivitas lain juga penting.

Fungsi Lidah


Bagian-bagian dan Fungsi Lidah Pada Manusia
Cita Rasa. Selera, reseptor sensorik untuk rasa, yang terletak di lidah.
Ucapan. Gerakan lidah sangat penting untuk artikulasi.
Mengunyah dan menelan. Lidah membantu gigi dan bagian lain dari mulut dengan mengunyah makanan dan melewati bawah tenggorokan sebagai bagian pertama dari proses menelan.
Membersihkan. Gerakan lidah mengusir partikel makanan yang terjebak di antara gigi, gusi dan pipi sehingga dapat meludahkan atau tertelan.
 Lidah adalah kumpulan otot rangka pada bagian lantai mulut yang dapat membantu pencernaan makanan dengan mengunyah dan menelan. fungsi Lidah dikenal sebagai indera pengecap yang banyak memiliki struktur tunas pengecap. fungsi Lidah juga turut membantu dalam tindakan bicara.Juga membantu membolak balik makanan dalam mulut.
 Lidah merupakan massa jaringan pengikat dan otot lurik yang diliputi oleh membran mukosa
Membran mukosa melekat erat pada otot karena jaringan penyambung lamina propia menembus ke dalam ruang-ruang antar berkas-berkas otot.
Pada bagian bawah lidah membran mukosanya halus. Lidah juga merupakan suatu rawan (cartilago) yang akarnya tertanam pada bagian posterior rongga mulut (cavum oris) dekat dengan katup epiglotis yang menuju ke laryng.
Lidah merupakan bagian tubuh penting untuk indra pengecap yang terdapat kemoreseptor (bagian yang berfungsi untuk menangkap rangsangan kimia yang larut pada air) untuk merasakan respon rasa asin, asam, pahit dan rasa manis. Tiap rasa pada zat yang masuk ke dalam rongga mulut akan direspon oleh lidah di tempat yang berbeda-beda.
Struktur lainnya yang berhubungan dengan fungsi lidah sering disebut lingual, dari bahasa Latin lingua atau glossa

Struktur Lidah

Sebagian besar, fungsi lidah tersusun atas otot rangka yang terlekat pada tulang hyoideus, tulang rahang bawah dan processus styloideus di tulang pelipis. Terdapat dua jenis otot pada lidah yaitu otot ekstrinsik dan intrinsik.
fungsi Lidah memiliki permukaan yang kasar karena adanya tonjolan yang disebut papila. Terdapat tiga jenis papila yaitu


Bagian-bagian dan Fungsi Lidah Pada Manusia
  1. papila filiformis (fili=benang); berbentuk seperti benang halus dan berada di depan;
Pada papila-papila inilah terdapat kuncup pengecap yang merupakan kumpulan  ujung-ujung saraf pengecap dan oleh serabut-serabut saraf dihubungkan dengan otak.
Suatu zat dapat dirasakan oleh lidah bila zat tersebut berupa larutan. Larutan tersebut kemudian memenuhi parit-parit di sekitar papila-papila. Karena pada papila tersebut terdapat kuncup-kuncup pengecap, maka zat yang mengisi parit tersebut merangsang kuncup pengecap. Rangsangan ini diteruskan oleh serabut saraf menuju ke otak untuk
diartikan.
Kuncup-kuncup pengecap dapat membedakan empat rasa pokok yaitu asam, pahit, manis dan asin. Namun terkadang kita juga dapat merasakan lebih dari empat rasa tersebut. Hal ini terjadi karena melibatkan faktor-faktor lain yaitu:
a. Kombinasi keempat rasa utama tersebut menghasilkan rasa baru.
b. Peranan reseptor-reseptor pencium, suhu dan sentuhan.
Keempat rasa tersebut di atas, dirasakan oleh kuncup-kuncup pengecap yang berbeda dan kuncup-kuncup tersebut berkumpul pada bagian tertentu di permukaan lidah. Namun tiap orang mempunyai variasi keluasan daerah penyebaran rasa tersebut.
  1. papila sirkumvalata (sirkum=bulat); berbentuk bulat, tersusun seperti huruf V di belakang lidah;
  2. papila fungiformis (fungi=jamur); berbentuk seperti jamur.
Terdapat satu jenis papila yang tidak terdapat pada manusia, yakni papila folliata pada hewan pengerat.
Tunas pengecap adalah bagian pengecap yang ada di pinggir papila, terdiri dari dua sel yaitu sel penyokong dan sel pengecap. Sel pengecap berfungsi sebagai reseptor, sedangkan sel penyokong berfungsi untuk menopang.

Lidah putih

Titik-titik atau bagian putih pada fungsi lidah dapat menjadi tanda-tanda beberapa kondisi medis:
  • Efek samping dari antibiotik
  • Candidiasis
  • Debauch
  • Dehidrasi
  • Leukoplakia
  • Keratosis faringis
Namun saat ini banyak peneliti yang memasukkan rasa kelima yaitu gurih atau sedap yang ditemukan pada makanan yang kebanyakan protein pada daging, ikan dan sebagainya. Rasa-rasa dasar ini dapat berevolusi sehingga kita dapat merasakan rasa busuk atau beracun dari rasa pahit dan asam. Rasa manis membantu kita untuk mengenalkan makanan yang menyehatkan atau kaya kalori, rasa asin diperlukan untuk setiap fungsi tubuh, dan rasa gurih dapat membantu kita mengidentifikasi makanan yang kaya akan protein. Ada sejumlah orang yang mempunyai “dunia rasa” yang berbeda-beda, misalnya ada yang menyukai pedas, ataupun ada yang tidak. Itu semua dipengaruhi oleh faktor genetis yang berbeda-beda dan budaya sendiri-sendiri. Para peneliti telah membuktikan bahwa di Amerika masyarakatnya adalah Supertaster yang merasakan cabe, jahe sangat pedas sekali begitu juga dengan gula mereka merasakan sangat manis sekali. Berbeda dengan Taster, mereka merasakan jahe dan cabai biasa saja begitu juga dengan rasa yang lain. Ini disebabkan oleh jumlah papila yang berbeda.

Penggunaan lainnya

Selain berfungsi pada mekanisme pencernaan atau pengucapan, fungsi lidah manusia memiliki banyak penggunaan lain. fungsi Lidah berperan pada salah satu bentuk ciuman yang dikenal dengan french kissing atau ciuman Perancis. Lidah digunakan pula untuk tindakan menjilat pada manusia dan hewan mamalia.
fungsi Lidah dipergunakan pada pria dan wanita saat melakukan seks oral dan digunakan pada tingkat pemanasan atau foreplay pada kegiatan bercinta. Oleh karena itu, fungsi lidah tak jarang dihubungkan dengan konotasi erotis dan sensual.
fungsi Lidah dapat menjadi tempat untuk penindikan pada beberapa kebudayaan masyarakat. Tindik lidah sudah ada sejak masa kuno dan kini semakin meningkat pada kebudayaan Barat terutama pada kebudayaan remaja.
Lidah berfungsi untuk mengaduk makanan di dalam rongga  mulut dan membantu mendorong makanan (proses penelanan) serta menghasilkan kelenjar ludah. Selain itu, lidah juga berfungsi sebagai alat pengecap yang dapat merasakan manis, asin, pahit, dan asam.

Bagian-bagian dan Fungsi Lidah Pada Manusia