Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Berbagai Contoh Simbiosis Mutualisme

Berikut sejumlah contoh simbiosis mutualisme dan penjelasan tentang hubungannya seperti di bawah ini:
  1. Hubungan burung jalak dengan kerbau- Burung jalak mendapatkan keuntungan makanan berupa kutu yang ada pada tubuh kerbau. Kerbau mendapatkan keuntungan kutu yang ada di tubuhnya jadi berkurang jumlahnya bahkan jadi tidak ada.
  2. Hubungan ikan badut dengan anemon laut-Baca Keuntungan Ikan Badut dan Anemon Laut
  3. Hubungan raflesia dengan lalat- Lalat mendapatkan sari bunga, sedangkan raflesia dibantu penyerbukan
  4. Hubungan kupu-kupu, lebah, dan kumbang dengan bunga- Kupu-kupu, lebah, dan kumbang mendapatkan nectar dan bunga dibantu penyerbukan
  5. Hubungan bakteri ecoli dalam tubuh manusia- Manusia dibantu pembusukan makanan dalam usus besar, sedangkan bakteri mendaatkan makanan
  6. Hubungan bakteri rhizobium dengan akar tanaman polong-polongan- Bakteri membantu tanaman mendapatkan nitrogen, sedangkan bakteri mendapatkan makanan dari tanaman polong-polongan ( kacang tanah )
  7. Hubungan Flagelata dengan rayap-  Flagelata mengeluarkan enzim selulase yang membantu rayap mencerna kayu, sedangkan flagelata mendapat makanan dari rayap.Jenis flagellata dalam bahasan ini yaitu Flagellata Trichonympha dan Myxotricha yang hidup di dalam usus rayap dan membantu rayap untuk mencerna kayu karena dapat mengeluarkan enzim selulosa. Enzim ini membuat partikel kayu tersebut menjadi lebih lunak.
    Hubungan flagellata dengan rayap