Berbagai Jenis Capung, Ciri Khusus dan Manfaatnya

Berbagai Jenis Capung dan Ciri Khususnya- Capung atau sibar-sibar adalah kelompok serangga yang tergolong ke dalam bangsa Odonata. Namanya dalam bahasa daerah adalah papatong (Sd.), kinjeng (Jw.), coblang (Jw.), kasasiur (bjn), tjapung.( https://id.wikipedia.org/wiki/Capung )


Ciri umum kinjeng
Pada umumnya capung memiliki ciri-ciri yang antara lain sebagai berikut :
  • memiliki 2 pasang sayap yang indah
  • kepalanya besar dan mengkilap
  • ekornya seperti jarum
  • matanya besar yang disebut dengan mata majemuk
  • warna ekornya terdiri dari lebih dari 1 warna
Ciri khusus capung berdasarkan jenisnya :

1. Capung kebo/kinjeng kebo/capung kerbau

Kinjeng Kebo/Capung Kerbau

Capung kerbau/kinjeng kebo memiliki ukuran tubuh yang lebih besar daripada jenis capung lainnya (mungkin karena kinjeng ini besar jadi dinamakan kinjeng kebo). Warna seluruh tubuhnya dominan warna hijau tua dengan lurik warna hitam. Sedangkan ekornya berwarna lurik antara hitam dan putih. Sayap kinjeng kebo berwarna hitam transparan. Kepalnaya berwarna hijau, kepala kinjeng kebo sangat mengkilap. 

2. Capung merah
3. Kinjeng maling
4. Capung kuning
5. Kinjeng Dom/Capung Jarum

Manfaat capung
3 manfaat capung bagi kehidupan manusia.
Sebagai Bioindikator air bersih
Capung hidup di sekitar air karena di permukaan air capung dewasa menaruh telur-telurnya yang kemudian akan menetas menjadi larva. Namun capung tidak hidup di sembarang air. Capung harus hidup di air bersih, karena dia tidak akan bisa bertahan hidup di air yang sudah tercemar atau yang ekosistem airnya terganggu. Jika di suatu sumber air banyak terdapat capung, itu mengindikasikan sumber air tersebut bersih, tidak terpolusi. Oleh sebab itu pada jaman dahulu orang-orang Indian Navajo menggambar lambang capung sebagai tanda air yang bersih.
Sebagai Predator Nyamuk
Larva capung memangsa jentik-jentik nyamuk dan capung dewasa merupakan predator nyamuk, sehingga populasi capung yang banyak bisa menjadi pengontrol yang efektif dalam menanggulangi penyebaran nyamuk di suatu tempat.
Sebagai predator werengCapung jarum atau kinjeng dom juga bisa menjadi sahabat petani, karena capung jarum adalah predator hama wereng yang mengganggu tanaman padi. Sayangnya capung jarum sudah sulit dijumpai karena habitatnya sudah rusak oleh praktek pengelolaan pertanian yang kurang ramah lingkungan.
Sejumlah Fakta capung yang anda belum tau
  1. Capung dapat terbang mencapai kecepatan rata-rata 30 – 60 km/jam bahkan ada jenis yang mampu terbang hingga 90km/jam. Selain itu capung juga dapat melakukan aneka manuver di udara.
  2. Capung memiliki mata yang besar dengan ribuan lensa yang bersegi-segi seperti mata lebah, sehingga capung dapat melihat 360° ke segala penjuru.
  3. Saat sedang memadu kasih, posisi sepasang capung terlihat seperti simbol love. Tidak hanya capung jarum yang membuat simbol love, tapi juga capung besar.

Demikian tentang Jenis dan Ciri Khusus dan Manfaat Capung. Semoga bermanfaat

Berlangganan Artikel Update via Email: