Inilah Tokoh-Tokoh Yang Berjasa Pada Bidang Biologi


Jenisajatitik - Perkembangan ilmu biologi yang luar biasa saat ini tidak terlepas dari jasa tokoh-tokoh penemu pada bidang tersebut. Berikut sejumlah nama tokoh beserta penemuannya yang mendukung perkembangan biologi modern saat ini:

a. Hans Krebs
Hans krebs adalah seorang ilmuan Ahli Biokimia yang berasal dari jerman (1900-1981). Dalam penelitiannya ia menemukan bahwa glukosa secara perlahan dipecahkan didalam sel.  Dengan suatu siklus reaksi yang dinamakan daur asam sitrat atau daur Krebs.  Pada setiap tahap, sejumlah energy kecil dilepaskan dan tersimpan dalam sel.

b. Albert Von Szent Gyorgi
Albert Von Szent Gyorgi (1893-1986).  Dengan beberapa penemuannya membantu Hans Krebs untuk mengerti bagaimana pernapasan sel dapat menghasilkan energy.

c. Julius Sachs (1832-1897)
Seorang  ahli kimia dari jerman. Dalam penelitiannya ia menemukan zat kimia yang ikut serta dalam proses fotosintesis. Ia menemukan bahwa zat asam arang yang diserap tanaman digabungkan dengan hydrogen  dari air.

d. Jan Ingenhousz (1730-1799)
Seorang Doktor dari Belanda.  Ia melakukan percobaan  yang akhirnya dapat membuktikan bahwa tumbuhan menyerap karbondioksida hanya jika ada cahaya.  Temuan tersebut menunjukkan bahwa cahaya mempunyai peran kunci dalam fotosintesis.

e. Joseph Priestley
Pada 1770, ia menyelidiki berbagai gas hasil fotosintesis.  Priestley meletakkan tanaman didalam gelas yang penuh dengan karbondioksida.  Selama proses fotosintesis, tanaman mengeluarkan gas oksigen yang kemudian mengisi gelas.  Priestley mengamati gas itu dan menyadari betapa besar perbedaan antara gas oksigen dan gas karbondioksida.

f. Karl Landsteiner (1868-1943)
Adalah seorang ahli Biologi dan fisika Austria.  Ia dikenal dalam pengembangannya pada 1901 dalam system klasifikasi darah, dan tahun 1930 mendapat nobel di bidang Fisiologi atau kesehatan.

g. Rosalind Franklin (1920-1958)
Seorang Fisikawan dari Inggris. Ia membuat foto DNA melalui difraksi sinar X.  Franklin meninggal pada usia 38 tahun, jauh sebelum karyanya diakui.

h. Har Gobind Khorana
Seorang ahli Biokimia yang berasal dari India yang berjasa dalam memecahkan kode gen.  Ia membuat semua kodon yang mungkin terbentuk dan menemukan ciri mereka sehingga para ahli Biokimia dapat menafsirkan setiap potongan asam nukleat.

i. Rudolph Virchow (1821-1902)
Ia mengatakan bahwa semua sel berasal dari sel.  Hal itu Ia katakan setelah mengamati proses pembelahan  sel dan mencetuskan teori sel.

j. Mendel
Merupakan putra seorang petani miskin yang berbakat dan cerdas.  Mendel dapat meneruskan menuntut ilmunya henya dengan masuk ke seminar setempat.  Banyak dari rekan-rekan pastornya merupakan ilmuan yang antusias.

k. Thomas Hunt Morgan (1866-1945)
Ia adalah orang pertama yang menggunakan Drosophila melanogaster sebagai objek penelitian.

l. Barbara Mc Clintock (1902-1993)
Adalah seorang ahli genetika berasal dari Amerika.  Pada tahun 1940, Ia membuktikan adanya kejadian pindah silang dalam kromosom.

m. Hermann J. Muller (1890-1967)
Ia seorang ahli genetika pemenang hadiah nobel dari Amerika, mengadakan percobaan pada lalat buah biasa.  Ia melakukan radiasi terhadap lalat itu, salah satunya dengan sinar X.  Hal tersebut menyebabkan terjadinya mutasi karena radiasi merusak susunan kromosom.

n. Francesco Redi (1626-1697)
Doctor asal Italia, adalah orang pertama yang menguji coba gagasan mengenai makhluk hidup.  Ia melakukan berbagai percobaan untuk membuktikan  generatio spontanea.

o. Lous Pasteur (1822-1895)
Ia memecahkan teori generatio spontanea dengan percobaan botol leher angsanya.

p. Jean Baptiste de Lamarck (1744-1829)
Merupakan seorang naturalis berkebangsaan Jerman. Ia adalah pencetus dari teori evolusi, khususnya melahirkan pemikiran Lamarckisme.  Pemikiranya tersebut menyatakan bahwa makhluk hidup akan memunculkan berbagai karakteristik selama hidupnya.

q. Alexander Oparin (1894-1980)
Seorang ahli kimia Rusia.  Ia adalah orang yang mengemukakan bahwa munculnya kehidupan di bumi merupakan hasil dari proses kimia.

r. Charles Darwin
Ia memerlukan waktu lebih dari 20 tahun mengumpulkan bukti-bukti untuk mendukung pemikirannya tentang evolusi.  Buku yang terkenal atas penemuannya berjudul  The Origin Of Species.


Demikian sejumlah tokoh penemu di bidang biologi. artikel ini akan terus diupdate. semoga dapat menambah khasanah pengetahuan kita.

Berlangganan Artikel Update via Email: