Hidroponik, Kesenangan yang Memberi Manfaat

Jenisajatitik - Hidroponik yang belakangan ini menjadi trend di kalangan kaum urban memang memiliki daya tarik tersendiri. Bagaimana tidak, hanya dengan memanfaatkan halaman rumah dan lahan yang sempit ditambah kondisi lahan yang tidak subur,  seseorang dapat menghasilkan sayuran kualitas premium di tempat tersebut. Hal ini menarik, karena kaum urban dengan segala macam aktivitas dan hiruk-pikuk kehidupan yang kompleks dapat mengambil peran bagi ketahanan pangan khususnya untuk kalangan keluarga sendiri.



Tanam menanam bagi sebagian orang itu mungkin dianggap sebagai wilayah kerja pahlawan pangan kita (petani). Hal ini dapat dilihat dari karakteristik pengolahan tanah secara berkala, serta dibutuhkan lahan yang luas. Namun tanam menanam dengan sistem hidroponik adalah sesuatu yang berbeda. Praktis beberapa ciri aktivitas petani pada umumnya tidak terlihat sama sekali ketika proses tanam menanam tersebut dilakukan dengan sistem hidroponik. Sederhananya bercocok tanam dengan sistem hidroponik adalah sistem pertanian yang menggunakan air sebagai  media tanam. jadi ya tidak menggunakan media tanah seperti pada umumnya orang lakukan.
terkait hal ini sebenarnya uraiannya telah saya sampai di artikel sebelumnya, dapat dibaca DISINI atau DISINI.

Artikel kali ini lebih pada bagaimana bercocok tanam dengan sistem hidroponik menjadi sesuatu aktivitas yang menyenangkan. Tentu semua orang unik demikian halnya dengan kegemaran (hoby). Saya tidak dapat memaksakan hoby teman-teman untuk sama persis dengan saya. Disinilah intinya bagaimana aktivitas yang dilakukan dapat sekaligus menjadi hoby. lebih dari itu sebenarnya kegiatan ini memberikan berbagai manfaat dalam kehidupan sehari-hari:
  1. Berhidroponik setidaknya menghasilkan sayuran segar, sehat, dan kualitas terkontrol. ketika anda membeli sayur, selalu anda memilih yang masih segar. bayangkan jika sayur segar tersebut tersedia di depan, atau samping halaman rumah anda., tentu sangat mengasyikan.
  2. Berhidroponik setidaknya dapat mengurangi paparan insectisida di dalam tubuh kita. secara umum hidroponik sedapat mungkin tidak menggunakan insectisida selama masa pertumbuhannya. jika terserang hama tertentu biasanya disidak langsung, dan dalam kondisi parah dapat disingkirkan dari instalasi hidroponik dan diganti dengan bibit yang baru dan urusan selesai.
  3. berhidroponik dapat berkontribusi menyumbangkan oksigen bersih di alam. sayuran yang kita tanam setiap hari menyumbangkan oksigen ke alam melalui proses fotosintesis.
  4. Berhidroponik dapat menjadi sarana anda untuk berbagi dengan sesama, minimal tetangga untuk menikmati sayur segar, sehat dan bebas insectisida.
  5. Sejumlah teman-teman yang diberikan sayuran hasil teknik hidroponik umumnya berkomentar memiliki rasa dan tekstur berbeda dengan sayur yang ditanam di tanah. Anda dapat membuktikannya sendiri.
  6. Berhidroponik menjadi kesenangan yang memberi banyak manfaat
  7. Ketika panen, dapat menjadi saran wisata petik sayur bagi orang-orang terdekat kita.  


Mari menanam dan menghasilkan sayur sendiri
          

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel