Abdopus aculeatus, gurita kecil dengan penyamaran sempurna

DSC06273
Gambar 1. Penampakan gurita jenis Abdopus aculeatus

Gurita yang satu ini banyak ditemukan di perairan Indonesia. Bentuknya seperti kebanyakan gurita, namun ukurannya kecil dan umumnya aktif pada siang hari. Ketika saya pulang kampung tepatnya di Desa Barangka Kab. Buton, sebagai rangkaian melakukan penelitian pendahuluan disertasi, saya bertemu dengan beberapa kerabat yang akan menemani saya ke lapangan dalam rangka pencarian gurita target yakni Octopus cyanea yang juga aktif pada siang hari. Saya mengutarakan niat tersebut, dan serta merta mereka menyelah pembicaraan saya dengan menanyakan “apakah gurita yang di cari gurita siang atau gurita malam?” tentu saja dengan spontan saya mengatakan “gurita yang kita akan cari adalah gurita siang”. Yang mengagetkan lagi,
mereka mengatakan bahwa gurita siang banyak di kampung ini.
Keesokan harinya, dengan perlengkapan yang telah disiapkan sebelumnya, kami menuju lokasi dengan waktu tempuh 10-15 menit. setelah tim berpencar, hanya butuh beberapa menit, kami telah menemukan gurita yang mereka maksudkan. Ketika saya dekati untuk pengambilan gambar dan informasi lainnya yang dibutuhkan di lapangan, ternyata gurita siang yang dimaksudkan adalah jenis Abdopus aculeatus bukan Octopus cyanea yang saya maksudkan. Namun demikian hal ini tetap saya ambil datanya untuk memperkaya informasi penelitian saya khususnya dalam pengembangan berupa produk buku.
Gurita jenis Abdopus aculeatus memang bukan hal baru bagi saya, karena semasa kecil sering menangkap gurita ini baik untuk di konsumsi maupun digunakan sebagai umpan untuk memancing. Sampai saat ini, khususnya di desa Barangka dan mungkin di daerah lainnya di Indonesia, gurita jenis ini lebih banyak dimanfaatkan sebagai umpan untuk memancing dari pada untuk konsumsi atau dijual.
Hal menarik dari pencarian ini adalah penyamaran gurita Abdosus aculeatus. Pencarian selama 2 jam dengan memperoleh 14 individu gurita tersebut, tidak seekor pun yang saya temukan sendiri secara langsung. Luar biasa….., ternyata dalam kurun waktu sekitar 25 tahun saya tidak menangkap gurita ini, telah memudarkan pengetahuan empiris saya tentang perilaku gurita jenis ini. Tentu saja saya penasaran dengan keahlian kerabat-kerabat saya tersebut yang dengan mudah mengenali penyamaran gurita jenis ini. Oleh karena itu saya jalan beriringan dengan mereka untuk “mempelajari cara mereka menemukan gurita yang menyamar”. Kemudian kami menemukan satu gurita yang penyamarannya sungguh luar biasa. Secara sepintas orang atau bahkan saya juga tidak mengira bahwa suatu titik yang ditunjukkan disitu ada seokor gurita Abdosus aculeatus yang sedang diam, saya katakan demikian karena praktis permukaan tubuhnya sama persis dengan habitat sekitarnya. berikut dua foto yang sempat saya dokumentasi:
z1 z2
Gambar 2. Penyamaran Gurita yang luar biasa

Dua tonjolan mata dengan spot “hitam” di bagian tengah tonjolan “dalam hal ini mata” gurita itu sendiri yang menjadi tanda bagi mereka untuk mengenal gurita ini dari riak-riak permukaan air laut. Walaupun hal tersebut masuk akal, tetapi tetap saja sulit bagi saya untuk menemukan satu individu pun dengan bekal informasi yang diberikan. Buktinya, sampai pencarian periode tersebut berakhir dengan 14 individu, tak satu pun dari 14 individu tersebut yang saya temukan sendiri secara langsung. Dua hal yang menjadi catatan saya adalah 1). Jam terbang menjadi faktor utama untuk mengenal gurita ini dari indikator yang diberikan, 2). Gurita jenis Abdopus aculeatus mungkin seperti kebanyakan jenis gurita lainnya, memiliki penyamaran/ kamuflase yang luar biasa.
Habitat dan Biologi: Gurita jenis Abdopus/Octopus aculeatus dapat ditemukan pada kedalaman berkisar dari 0 sampai 17 m. Merupakan penghuni area karang tropis dangkal dan intertidal dengan substrat batuan. Umumnya aktif pada siang hari untuk mencari makan, dengan penyamaran/kamuflase yang sangat baik. Gurita ini dapat ditemukan pada habitat di daerah intertidal dengan rataan terumbu karanga dan padang lamun khususnya pada saat laut sedang surut.
Distribusi secara geografi, Abdopus aculetus tersebar di bagian barat daerah tropis samudra pasifik, mulai dari Taiwan dan Filipina selatan ke utara Australia seperti pada gambar berikut:




Sebaran Abdopus
Distribusi Abdosus aculeatus
Demikian sekilas informasi penyamaran gurita jenis Abdosus aculeatus di satu seri penelitian saya

Berlangganan Artikel Update via Email: