Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Gurita hantu seperti “CASPER" ditemukan di dasar laut samudra pasifik

Gurita merupakan kelompok hewan yang termasuk dalam kelas Cephalopoda. Dua grup besar lainnya pada kelas ini adalah cumi dan sotong. Gurita sendiri terbagi dalam dua sub ordo yaitu Incirrata (tidak besirip) dan cirrata (bersirip). Banyak referensi yang mengungkapkan bahwa gurita tidak bersirip (Incirrata) umumnya  tidak ditemukan pada laut dalam. Namun demikian terungkap satu fakta baru dimana telah ditemukan satu jenis gurita yang berdasarkan karakter morfologinya merupakan jenis gurita yang termasuk dalam sub ordo incirrata. Ilmuwan AS mengatakan mereka telah menemukan Gurita yang hampir dipastikan sebagai spesies baru pada kedalaman sekitar 2,5 mil di dekat kepulauan Hawaii. Pada tanggal 27 Februari 2016, tim menemukan gurita kecil berwarna terang pada kedalaman sekitar 2,5 mil di laut dekat Necker Island, kata Michael Vecchione dari the National Oceanic and Atmospheric Administration. Gurita tidak memiliki sirip dan semua pengisap berada dalam satu baris pada setiap lengan, kata Vecchione.

Gurita "tidak tampak berotot" dan berwarna terang, katanya. "Hal ini mengakibatkan penampilannya seperti hantu, yang mengarah pada komentar di media sosial bahwa gurita tersebut harus disebut Casper, tokoh kartun hantu yang ramah. Hal ini hampir dipastikan merupakan spesies yang belum terdeskripsikan ...," katanya dalam pernyataan yang diposting pada Rabu di website NOAA. Ini tidak biasa untuk menemukan gurita tanpa sirip begitu dalam di laut, kata Vecchione, yang mencatat bahwa kedalaman sebelumnya di mana semua gurita tanpa sirip ditemukan pada kedalaman kurang dari 4.000 meter, atau 2,5 mil.
 


Dua ilmuwan telah berkonsultasi "setuju bahwa ini adalah sesuatu yang tidak biasa dan merupakan catatan yang memerlukan kajian mendalam," kata Mr Vecchione. gurita ini ditemukan selama pencarian dari dasar laut dengan kendaraan yang dioperasikan dari jarak jauh oleh NOAA Okeanos Explorer, katanya.