Gurita yang imut "ADORABLE"


Opisthoteuthis adorabilis
Bagi pecinta hewan, binatang yang terlihat lucu dan menggemaskan mungkin tidak terhitung jumlahnya. Namun sepertinya orang yang tidak menyukai hewan sekalipun akan jatuh cinta pada spesies gurita baru yang diberi nama adorable ini.
Seperti yang dilansir iflscience.com, Gurita imut berwarna nuansa jingga ini memang sangat menggemaskan. Matanya besar, tubuhnya menggelembung, dan tubuhnya dilengkapi sirip yang bisa mengepak-epak dengan lucu. Para ilmuwan bahwa sekarang sedang mempertimbangkan untuk memberi nama yang imut untuk spesies ini.

Stephanie Bush, seorang ahli posdoktoral dari Institut Penelitian Akuarium Monterey Bay, mengatakan bahwa para ilmuwan berniat memberikan nama Opisthoteuthis adorabilis pada gurita imut ini. Alasannya? Karena hewan ini memang sangat adorable (manis sekali).

Karakteristik unik dari hewan imut ini adalah adanya semacam kain di antara tentakel-tentakelnya. Kain yang seperti selaput itu membantu hewan ini untuk melayang-layang di air seperti balon. Bush berkata bahwa para ilmuwan harus memahami spesies ini dengan lebih baik karena adorabilis adalah bagian dari sebuah ekosistem laut yang lebih besar.


Spesies gurita baru yang diberi nama adorable ini sendiri bukanlah hewan pertama bernama unik. Sebelumnya, sudah ada semacam lalat Scaptia beyonceae yang menyerupai penyanyi dan aktris Beyonce. Ubur-ubur Phialella zappai secara ilmiah dinamai penyanyi rock Frank Zappa,  Dan yang cukup mengesankan, dinosaurus Tianchisaurus nedegoapeferima dibentuk dari nama keluarga dari bintang-bintang utama dari film "Jurassic Park" - Sam Neill, Laura Dern, Jeff Golblum, Richard Attenborough, Bob Peck, Martin Ferrero, Ariana Richards, dan Joseph Mazzelo .
Nama-nama spesies ini aneh, pada akhirnya membuktikan bahwa ketika Anda seorang ilmuwan, Anda tidak selalu harus bermain sesuai aturan.

Sumber: http://www.iflscience.com/plants-and-animals/cute-octopus-could-be-officially-named-adorable0

Berlangganan Artikel Update via Email: